Selasa, 15 September 2009

Mengenal Blog Dan Cara Membuatnya

Definisi tentang Blog
Blog atau weblog di sebut juga kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinu dan berisi hyperlink2 ke-website lain yg kita anggap menarik di sertai komentar2 kita sendiri, Blog kemudian berubah bentuk yang sesuai dengan keinginan kita sendiri, atau para Blogger. Blog yang pertamanya adalah sebuah perjalanan/pribadi seseorang di-internet, yaitu link ke-website yang kita kunjungi dan kita anggap menarik, trus menjadi lebih menarik daripada sebuah daftar link, karna para Blogger biasanya ga lupa memberikan komentar2 mereka, pendapat2 pribadi dan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yg mereka buat. Blog ga termasuk catatan yang dihasilkan komputer secara otomatis (machine generated) seperti syslog, mail archive, jadi Blog harus dibuat kita sendiri. Saya nge-Blog karna saya ada

Sejarah Blog
media Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger yang dimiliki PyraLab yang akhirnya diakuisisi Google, pada akhir tahun 2002 lalu. Sejak itu banyak aplikasi yang bersifat "open source" yang di peruntukan pada kebutuhan Blogger itu sendiri. Fungsi Blog banyak sekali, selain sebagai catatan harian, Blog juga bisa sebagai media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program2 media dan korporasi. Sebagian Blog ditulis seorang penulis tunggal, dan yang lainnya ditulis oleh beberapa penulis. Kumpulan weblog sering disebut sebagai Blogsphere. Sebuah kumpulan aktifitas, informasi dan opini yang besar banget mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi di Blogspehere, itu sering juga disebut sebagai Blogstorm atau badai Blog. Blog bukan tren sesa@t

di antara banyaknya layanan internet yang nyediain fasilitas hosting Blog, yang paling populer yaitu Blogger dan Blogdrive. Blogger dan Blogdrive sama2 gratisan dan sama2 mempunyai fitur yang gampang di aplikasi, selain itu Blogger dan Blogdrive nyediain pilihan template desain yang bisa langsung kepasang pas kita register dan set up awal yang nantinya bisa dimodifkasi lagi. Kesulitan biasanya muncul kalo kita yang (tadinya) buta.html (hyper text markup language) tapi pengen ganti desain Blognya. Sebenernya, cuma dengan sedikit belajar, template desain (misalnya bisa langsung di aplikasi di Blogger dan Blogdrive), dan jangan lupa manfaatin semua forum komunitas para Blogger yg nge-bahas tutorial desain dan aksesoris Blog. Ok!

Pernah Denger Istilah Blogwalking?
Blogwalking, di sebut juga silaturahmi secara ga langsung sama Blogger lain, misalnya kita ngunjungin Blog B, C, D, dstnya, trus ninggalin pesan disetiap Blog itu mau di shoutbox atau ngomentarin postnya, biasanya kunjungan kita di bales sama Blog B, C, D, seru banget sih, tapi kalo kita lama ga Blogwalking (padahal banyak kunjungan yang harus kita bales), nanti yang terjadi adalah Blogrunning, sekedar "say/hi" atau ngucapin hepi wiken! di shoutbox nya, yang penting kita masih beredar didunia per-Bloggingan.

biasanya Blog yang sering dikunjungin adalah
- orangnya rajin blogwalking
- isi postingannya bermanfaat banget misalnya tips bisnis atau info resep makanan
- isi postingannya "reality show" alias jujur ceritain kejadian sehari orangnya, baik fun atau sedikit sedih (biasanya dlm bentuk puisi2).

Cara ngebuat Blog
kalo kamu udah baca sampe sini berarti kamu udah ngerti apa itu Blog dan kamu pengen punya Blog sendiri, kamu ga tau apa2 tentang ngebuat sebuah website, HTML apalagi bahasa pemprograman web sperti PHP, ASP, MySQL, perl dan yang lainnya. Kalo gitu tenang aja, saya akan kasih tau cara buat account Blog sederhana kamu, dan mudah2n bisa bantuin kamu.
asumsi isi Blog saya
-kamu ga ngerti masalah2 teknis buat website
-kamu cuma pengen punya BLOG
-kamu ga mau ngeluarin uang untuk ngebuat BLOG kamu, kecuali buat ISP/warnet
-kamu udah biasa menggunakan internet
-kamu udah biasa menggunakan computer
-kamu bisa bhs.inggris yang mudah, dan kamu mau belajar cara ngebuat BLOG kamu

0 komentar:

Posting Komentar