Minggu, 26 Februari 2017

Perangkat Input / Ouput


Perangkat Input / Ouput merupakan hal penting dalam pengoperasian komputer.

Perangkat Input :  Peralatan yang berfungsi memasukan data ke-komputer, yang nantinya akan di kelola oleh CPU.
Perangkat Ouput : Peralatan yang berfungsi mengeluarkan hasil pemprosesan atau pengolahan data yang dilakukan oleh CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.

Dibawah ini adalah beberapa contoh perangkat masukan & perangkat keluaran,
Perangkat Masukan (Input) :


1. Papan ketik komputer (keyboard)Merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. 


2. Mouse (Tetikus)
Adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).






3. WebCam (kamera web)
Kamera web atau kamera ramatraya adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (realtime) yang gambarnya bisa dilihat melalui program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Kamera ramatraya adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun lainya.

0 komentar:

Posting Komentar